Path: Top Jurnal Jurnal Ilmiah Kesehatan Keperawatan 2009 Vol. 5 No. 3 Oktober 2009 hal. 133-138

Pengaruh Latihan Rom Aktif Terhadap Kemampuan Mobilisasi pada Lansia dengan Gangguan Muskuloskeletal di Panti Sosial Tresna Werdha Budi Mulia 03 Ciracas Jakarta Timur

Jurnal Ilmiah Kesehatan Keperawatan: Vol. 5 No. 3 Oktober 2009
Journal from JTSTIKESMUHGO / 2012-03-07 11:17:32
Oleh : Wuri Utami, LP3M
Dibuat : 2009-10-01, dengan 2 file

Keyword : latihan Rom aktif, mobilisasi pada lansia
Subjek : latihan Rom aktif, mobilisasi pada lansia

Rom aktif merupakan salah satu latihan/aktifitas fisik yang dilakukan oleh individu itu sendiri sesuai dengan kemampuan untuk menggerakkan sendinya. Dengan latihan rutin paling sedikitnya 2-3 kali setiap minggunya dalam waktu 20-30 menit mampu memberikan manfaat yang berarti diantaranya dapat meningkatkan kekuatan otot dan menurunkan keletihan, dalam hal ini dikhususkan pada lansia yang mengalami penurunan massa otoe serta kekuatannya untuk melakukan mobilisasinya. Namun sejauh mana pengaruh latihan Rom aktif terhadap kemampuan mobilisasi pada lansia tersebut masih belum bisa dibuktikan. Untuk itu peneliti tertarik untuk meneliti "Apakah ada pengaruh latihan rom aktif terhadap kemampuan mobilisasi pada lansia dengan gangguan muskuloskeletal di PSTW Budi Mulia 03 Ciracas Jakarta Timur".
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh latihan Rom aktif terhadap kemampuan mobilisasi pada lansia dengan gangguan muskuloskeletal yang tinggal di PSTW 03 Ciracas Jakarta Timur. responden yang diambil sebanyak 10 orang lansia. Analisa data dilakukan secara bertahap yaitu analisa univariat untuk mengetahui karakteristik responden dan analisa bivariat untuk melihat hubungan antara variabel dependen dan independen dengan menggunakan uji T test Dependen.
Kemudian didapat hasil nilai o=0,002(<α) sehingga dapat disimpulkan adanya pengaruh latihan rom aktif terhadap kemampuan mobilisasi pada lansia dengan gangguan muskuloskeletal. Hasil dari penelitian ini didapatkan bahwa kemampuan mobilisasi pada lansia setelah dilakukan latihan Rom aktif lebih baik dari sebelum dilakukan Rom aktif.
saran bagi praktisi keperawatan, hendaknya senantiasa memotivasi para lansia untuk mau melakukan latihan/aktifitas fisik seperti Rom aktif serta memberikan pengetahuan tentang manfaat dan efeknya.

Copyrights : Copyright (c) 2001 by STIKES Muhammadiyah Gombong. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved.

Beri Komentar ?#(0) | Bookmark

PropertiNilai Properti
ID PublisherJTSTIKESMUHGO
OrganisasiLP3M
Nama KontakDesy Setiyawati
AlamatJl. Yos Sudarso No. 461 Gombong
KotaKebumen
DaerahJawa Tengah
NegaraIndonesia
Telepon(0287) 472433, 473750
Fax(0287) 472433
E-mail Administratorlib_stikesmuhgo@yahoo.com
E-mail CKOlib_stikesmuhgo@yahoo.com

Print ...

Kontributor...

  • Wuri Utami, Editor: desy setiyawati

Download...